20 KISAH SUKSES TOKOH INTERNET

Posted: Minggu, 18 April 2010 by Bixon Natanael in
0


1. Lary Page(36 tahun) dan Sergey Brin(35 tahun)
keduanya merilis Google 4 september 1988, saat itu mereka berusia 24 dan 25 tahun. kantor pertama mereka adalah sebuah garasi. Google, mesin pencari yang bisa menampilkan segala jenis informasi ini, di sukai banyak orang terutama mahasiswa, maka hanya dalanm tempo beberapa tahun saja, Google bisa berkembang amat pesat dan meraup keuntungan meliaran dolar AS, kini Google bisa di sebut mesin pencari nomor satu di dunia.kisah sukses Lary Page dan Sergey Brin dalam menciptakan dan mengembangkan Google menjadi inspirasi bagi banyak orang muda di dunia ini, khususnya bagi penggemar teknologi informasi, mereka berharap bisa membuat program baru yang berguna bagi masyarakat dunia dan menguntungkan dari segi finansial.


2. Mark Zuckerberg(25 tahun)
Mark Zukerberg adalah seorang mahasiswa Universitas Harvard yang menciptakan situs jejaringan facebook pada usia 19 tahun, ia membuat facebook untuk membantu maembangun jaringan sosial bagi remaja kampusnya saat itu, dan kini facebook menjadi situs jejaringan sosial terbesar kedua setelah myspace. facebook terus tumbuh hari demi hari dengan jutaan pengguna baru yang terus mendaftar setiap bulan.


3. Steve Shih Chen(31 tahun) , Jawed Karim (30 tahun), dan Chad Hurley (32 tahun)
keduanya adalah pencipta situs Youtube “berbagi video online”, mereka mendirikan youtube pada tahun 2005, ketika itu Chad berusia 28 tahun dan Steve 27 tahun.
Pada Oktober 2006, Youtube diakuisisi (di ambil alih kepemilikannya) oleh Google, nilainya 1,65 miliar dollar AS (atau sekitar Rp 16,9 triliun).



4. Jerry Yang(40 tahun) dan David Filo(42 tahun)
kedua orang ini menemikan Yahoo! pada tahun 1995, mesin pencari yang merupakan saingan terdekat google, ketika menemukan Yahoo! Jerry Yang berusia 26 tahun dan David Filo 28 tahun, perusahaan raksasa microsoft sempat ingin membeli Yahoo!, nilai tawaran yang di bicarakan 44.6 miliar dollar AS (Rp 458.8 triliun) rencana ini memang batal namun, Microsoft dan Yahoo! tidak menampik kemungkinan kerja sama di masa mendatang.


5. Matt Mullenwerg(25 tahun)
Matt Mullenwerg adalah pencipta penyedia blog gratisan WordPress pada usia 19 tahun. wordpress menjadi tenar dalam waktu singkat, karena situs ini mudah di pakai dan selalu di perbarui. hingga tahun 2008 tercatat ada 230 juta pengakses tetap dengan 6,5 miliar halaman wordpress yang bisa dilihat, dan ada 35 juta postingan baru dengan rata-rata tambahan 4 juta postingan setiap bulan.Matt yang pernah datang ke Jakarta pada Januari 2009 ini mengatakan, ia tidak akan menjual wordpress kepada perusahaan besar dengan harga selangit, ia juga bilang tidak akan mencari keuntungan wordpress, keuntungan sudah ia dapatkan dari beberapa perusahaan miliknya


6. Tom Anderson(38 tahun)
Tom anderson merilis myspace pada bulan agustus 2003, saat ini myspace adalah salah situs jejaring paling besar di dunia yang bersaing ketat dengan facebook, myspace telah digunakan lebih dari 100 juta orang, dengan pengguna terbesar bersala dari Amerika Serikat
kelebihan mysapce terletak pada bidang musik ketika fasilitas musik terbaru (yaitu “audio streaming” gratis) diluncurkan pada 25 september 2008, hanya dalam beberapa hari saja ada milyaran lagu yang didengarkan oleh para penggunanya, kelebihan ini membuat banyak orang memperkirakan bahwa myspace bisa mempengaruhi industri musik di internet


7. Blake Aaron Ross(23 tahun)
Blake Aaron Ross adalah pemuda jenius yang menciptakan mozilla yaitu fasilitas penjelajah internet, mozilla di luncurkan untuk umum pada November 2004, saat itu usia Blake baru 19 tahun. mozilla kemudian digabungkan dengan firefox, progran yang diciptakan bersama Dave Hyatt, maka setelah itu namanya menjadi mozilla firefox. dan dengan cepat mozilla firefox diterima para pengguna internet di dunia karena dinilai lebih aman dan mudah digunakan (dibandingkan dengan para kompetitornya) ia juga dinilai mampu merebut sebagian pasar fasilitas penjelajah internet yang selama ini di kuasai oleh Microsoft Internet Explorer.


8. Pierre Omidyar(41 tahun)
Pierre Omidyar merilis ebay pada 4 september 1995 saat itu usianya 28 tahun. ebay adalah situs lelang online. awalnya Pierre membuat ebay untuk menolong teman dekat yang ingin menjual sebuah produk, namun tak lama kemudian ebay berkembang pesat menjadi lahan bisnis yang amat prospektif, kini ebay menjadi situs lelang terbesar di dunia. menurut Pierre kesuksesan ebay tidak lepas dari dua hal pertama, kuatnya komunitas penjual dan pembeli, yang jumlahnya mencapai ratusan juta orang, kedua nilai baik yang di anutnya, dalam bisnis, ebay percaya bahwa pada dasarnya setiap manusia itu baik dan setiap orang memiliki satu ke unggulan yang bisa di berikan kepada orang lain. selain itu ebay percaya bahwa kejujuran dan keterbukaan bisa membawa kebaikan pada diri manusia, maka aturan “emas” ebay adalah mengakui dan menghormati setiap individu yang unik. ebay pun berharap para anggotanya bisa mengikuti contoh yang diberikan.


9. Matt Mickiewicz
Mickiewicz adalah inspirasi bagi webmaster diseluruh dunia. Website dia sitepoint.com telah membantu webmaster untuk belajar tentang web, cara menjual, membeli buku ataupun belajar coding dan membuat background twitter.


10. Jeff Bezos
Jeff Bezos adalah lulusan Princeton dengan gelar BSE (Bachelor of Science and Engineering) di bidang electrical engineering dan computer science. Setelah lulus tahun 1986, ia ditawari pekerjaan oleh Intel, Bell Labs dan Andersen Consulting, tetapi Bezos justru memilih kerja di Fitel, sebuah start up di bidang “financial telecommunications”.
Fitel adalah sebuah perusahaan yang didirikan oleh profesor-profesor dari Departemen Ekonomi di Columbia University. Inti bisnisnya adalah sejenis bursa online yang memudahkan transfer data dari Negara-negara yang berbeda. Ketika itu belum ada internet, sehingga usah semacam ini tentunya mendatangkan banyak uang.
Tahun 1988, Bezos pindah ke Bankers Trust Company. Ia membuat software BTWord, yaitu software yang memungkinkan klien-klien Banker Trust melihat laporan hasil investasi mereka lewat computer. Sebelumnya, laporan investasi secara berkala melalui hardcopy, tetapi Bezos mengotomatisasikannya lewat computer.
Tahun 1990, Bezos merasa belum siap mendirikan perusahaan sendiri, tetapi sudah siap pindah dari Bankers Trust. Mengapa? Dia Mengatakan bahwa ia akan pindah ke perusahaan dimana ia bias mengejar dambaannya, yaitu suatu system yang diberi istilah “second phase automation”. Apa maksudnya? Yakni dimana kita menggunakan teknologi untuk untuk mengubah proses bisnis yang lama menjadi lebih cepat dan efiesien. Lebih lanjut, kata Bezos, Second Pase Automation adalah “when you can fundamentally change the underlying businees process and do thing in a completely new way. So, it’s more of a revolution instead of an evolution.” (ketika Anda bisa mengubah suatu proses bisnis secara mendasar dan melakukannya dengan metode terbaru. Jadi, semuanya akan lebih tepat dikatakan sebuah revolusi daripada hanya sebuah evolusi.)
Akhirnya pada tahun 1990, ia resmi kerja di D.E. Shaw. Pertengahan tahun 1994, Bezos mengusulkan pada Mr. Shaw untuk membuat took online. Bezos kaget dan kecewa karena idenya ditolak mentah-mentah oleh Shaw.
Namun, Bezos tidak bisa melupakan idenya. Ia selalu melihat angka 2300 persen sebagai angka perkembangan tahunan internet. Dia melihat angka sebagai “huge, potentially wasted opportunity” (peluang besar potensial yang terabaikan). Akhirnya, Bezos mengatakan pada Mr. Shaw bahwa dia akan keluar dari D.E.Shaw dan membangun mimpi besarnya. Menyadari semangat muda Bezos yang meluap-luap, Mr. Shaw dengan karakternya sebagai orang tua yang bijaksana membawa Bezos jalan-jalan ke Central Park. Dia mengatakan bahwa penjualan buku online adalah ide besar. Namun, hal itu akan lebih baik dilakukan oleh orang-orang yang belum mendapatkan pekerjaan bagus, tidak seperti Bezos yang saat itu sedang menjabat Senior Vice President yang keamanan financialnya telah terjamin. Apalagi, menurut aturan siklus perusahaan, sebentar lagi ia akan menjadi CEO di D.E.Shaw.
Bezos mendapatkan waktu 48 jam untuk memikirkan keputusannya keluar. Akhirnya, ia tetap memutuskan keluar. Dia mengatakan, “Nanti Kalau saya sudah berumur 80 tahun, saya mungkin sudah tidak ingat berapa gaji saya di D.E.Shaw tahun 1994, tetapi saya pasti ingat dan menyesal kalau saya tidak terjun ke bisnis internet.” Selanjutnya, Bezos meninggalkan D.E. Shaw yang saat itu sedang memberikannya gaji sebesar 7 figure per tahun (7 figure terkecil adalah $1,000,000 bila bagi 12 sekitar $83,333 per bulan). Sejak itu, Bezos mulai merintis www.amazon.com dan mengembangkannya ke seluruh dunia.



11. Gatot Hari Priowirjanto , tokoh dibalik terkaitnya 4000 SMK Indonesia ke Internet, WAN Kota, dan ICT Center di tahun 2000-2005. Pada tahun 2006 menggagas terbentuknya Jejaring Pendidikan Nasional dan Data Pokok Pendidikan yang terdiri dari Nomor Pokok Sekolah Nasional, Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan serta Nomor Induk Siswa Nasional.

12. JOBS, STEVE : salah seorang pendiri Apple Computer, bertanggung jawab terhadap proyek Macintosh. Ia mengundurkan diri dari Apple pada tahun 1985 setelah dewan direksi menggesernya dari tanggung jawab manajemen. Jobs mendirikan NeXT Inc, yang merilis komputer pertamanya pad Oktober 1988.

13.  BRICKLIN, DAN : pengembang (dengan Bob Frankston) VisiCalc, lembar kerja elektronik pertama yang juga merupakan aplikasi mikrokomputer pertama yang amat berhasil. Pada 1979, ia dan Frankston mendirikan Software Arts. Setelah Software Arts bubar pada 1985, ia bekerja untuk beberapa bulan sebagai konsultan untuk Lotus, lalu ia mendirikan sebuah perusahaan penerbit
perangkat lunak bernama Software Garden.


14.   BRAINERD, PAUL : presiden Aldus. Ia menciptakan istilah Desktop Publishing dengan mengembangkan PageMaker, program aplikasi yang memungkinkan penguna menghasilkan dokumen tercetak berkualitas profesional dengan PC (Personal Computer/Komputer Pribadi) atau Macintosh dan printer laser.


15. Khalid Mustafa  :  guru SMK dan sekarang menjadi PNS. Aktifis Jaringan Informasi Sekolah (JIS) & penggerak jaringan sekolah khususnya di Indonesia timur. Saat ini bekerja di Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri DEPDIKNAS dan membantu untuk membangun dan mengembangkan Jejaring Pendidikan Nasional serta Dapodik.

16. Jim Geoved  :  salah satu aktivis hacking Indonesia dan dunia. Bersama Michael Sunggiardi, pernah melakukan roadshow keliling Indonesia untuk memberikan materi keamanan teknologi informasi. Kontributor dan pendorong penggunaan sistem operasi FreeBSD dan OpenBSD. Pengelola mailinglist id-freebsd dan id-openbsd di YahooGroups.

17. Dani Firmansyah  :  juga dikenal sebagai xnuxer, seorang hacker Indonesia. Pernah membobol Web KPU & dipenjara selama beberapa bulan. Aktif menyebarkan ilmu untuk menambah wawasan bangsa dalam bidang network security.

18.  Sanjaya  :   mantan direktur P.T Indo Internet, ISP komersial pertama Indonesia. Salah satu pendiri APJII. Bekerja di APNIC di Australia.

19. PATTERSON, TIM  :  pengarang QDOS (Quick and Dirty Operating System), pendahulu Microsoft DOS. Pada 1980, ia meninggalkan Seattle Computer Products untuk bekerja di Microsoft untuk mengadaptasi DOS agar sesuai dengan spesifikasi IBM.
20.  Susanto  :   juga dikenal sebagai S'to, tokoh dunia hacker Indonesia. Penulis buku hacking. Pembina dan moderator mailing list hacker & network security terbesar jasakom-perjuangan@yahoogroups.com.

0 komentar: