20 Istilah dalam Dunia Komputer

Posted: Sabtu, 17 April 2010 by Bixon Natanael in Label:
0

  1. Traffic Exchange  :  Dapat berupa pertukaran traffic di Internet termasuk pertukaran link (link exchange), pertukaran iklan (banner exchange), pertukaran foto, dan lain-lain. Prinsip dasarnya adalah anda mengirimkan seorang pengunjung ke website lain dengan imbalan kelak akan menerima kiriman pengunjung dari website tersebut. Bila anda bisa mengendalikan kapan seorang pengunjung berpindah dari website anda, pertukaran traffic akan menjadi alat yang ampuh. Saat mengikuti pertukaran traffic, waspada selalu karena banyak penyedia pertukaran traffic yang tidak jujur.
  2. Banner (ad)  :   Banner adalah iklan grafis, umumnya berukuran 468×60 pixel (namun saat ini sudah banyak ditemukan banner yang tidak berukuran standard). Sebenarnya banner adalah bentuk awal advertising web yang sampai saat ini masih digunakan oleh website, meskipun akhir-akhir ini popularitasnya sudah mulai menurun, dan telah banyak digantikan oleh bentuk advertising lain seperti text ads dan iklan yang disamarkan kedalam konten yang terbukti sangat ampuh meningkatkan CTR (Click Through Rate).
  3. FTP   :  adalah kependekan dari File Transfer Protokol, artinya sebuah protokol yang dipergunakan untuk mengirim berkas di antara dua komputer.
  4. Gophers   :  adalah Protokol Pusblikasi informasi berbasis karakter yang menggunakan menu untuk mengakses teks, menempatkan informasi yang disimpan pada internet servers dengan menggunakan hirarki menu.

  5. Meta data   :  adalah data di atas data. Meta data merupakan informasi tentang sebuah web yang sedang aktif. Umumnya digunakan dalam hubungannya dengan optimasi search engine (SEO). Dalam dokumen HTML, meta data diletakkan antara dan tag dan . Pada saat sebuah web ditampilkan pada daftar hasil pencarian sebuah search engine (SERP), meta data akan menyediakan ulasan singkat tentang web yang ditampilkan tersebut.
  6. Website  :  Merupakan sekumpulan halaman-halaman web (web page), gambar, video atau aset-aset digital lainnya yang disimpan pada satu atau lebih web server, biasanya dapat diakses melalui internet.
  7. URL   :  Uniform Resource Locator, yaitu alamat dokumen atau sumber-sumber lain di internet. URL menyajikan informasi tentang bagaimana sebuah server serta alamat-alamat file lainnya diakses.
  8. CSS   :   Bahasa yang direkomendasikan W3C (World Wide Web Consortium) untuk mendefiniskan style (seperti jenis, ukuran, warna huruf, dan lain-lain) pada dokumen web.
  9. Blog   :   Layanan di internet yang digunakan untuk menulis jurnal yang biasanya diupdate harian atau mingguan. Blog biasanya digunakan secara cuma-cuma. Tapi ada juga yang berbayar. Melalui blog, kita bisa memposting tulisan-tulisan kita tentang berbagai topik yang membuat kita menarik untuk dibaca oleh publik. Kegiatan mengupdate informasi di blog disebut blogging, sedangkan pemilik blog disebut blogger.
  10. Wide Are Network (WAN)   :   Komputer yang terhubung berada pada tempat yang berjauhan dan dihubungkan dengan line telepon atau gelombang radio. selain itu, jaringan komputer dapat juga dikelompokan berdasar kriteria. 
  11. (Domain Name Sistem) DNS  :  adalah sistem yang menerjemahkan domain Internet, seperti www.microsoft.com menjadi alamat Internet, yaitu serangkaian nomor yang terlihat seperti 101.232.12.5. Istilah DNS berhubungan dengan konvensi untuk penamaan host pada Internet dan cara penangan nama-nama tersebut.
  12. Ethernet   :   adalah protokol LAN yang dikembangkan oleh Xerox Corporation yang bekerjasama dengan DEC dan Intel pada tahun 1976. Ethernet menggunakan topologi bus atau star dan medukung transfer data sampai dengan 10 Mbps. Versi Ethernet yang lebih baru yang disebut 100Base-T (atau Fast Ethernet), mendukung transfer data sampai dengan 100 Mbps, dan versi terbarunya, Gigabit Ethernet, mendukung tranfer data sampai dengan 1 Gigabit per detik atau 1000 Mbps.
  13. Gateway   :   Istilah Gateway merujuk kepada hardware atau software yang menjembatani dua aplikasi atau jaringan yang tidak kompatibel, sehingga data dapat ditransfer antar komputer yang berbeda-beda. Salah satu contoh penggunaan gateway adalah pada email, sehingga pertukaran email dapat dilakukan pada sistem yang berbeda.
  14. VLAN : VLAN (virtual local-area network) adalah jaringan komputer yang seakan terhubung menggunakan kabel yang sama meskipun mungkin secara fisik berada pada bagian LAN yang lain. VLAN dikonfigurasi melalui software dan tidak hardware, yang membuatnya sangat fleksible.Salah satu keunggulan VLAN adalah jika sebuah komputer secara fisik dipindah ke lokasi lain, komputer tersebut tetap pada VLAN yang sama tanpa melakukan konfigurasi ulang hardware.
  15. Protocol   :   Bahasa atau prosedur hubungan yang digunakan oleh satu sistem komputer dengan sistem lainnya sehingga antara keduanya dapat saling berhububngan. Untuk dapat berkomunikasi. Kedua system harus menggunakan protokol yang sama. PPP (Point To Point Protocol) : Protokol TCP/IP yang memungkinkan hubungan antara host dengan jaringan dan antara router dengan router atau dapat pula digunakan untuk hubungan serial antara 2 system.
  16. Router   :   Suatu perangkat yang berfungsi menghubungkan suatu LAN ke suatu internetworking/WAN dan mengelola penyaluran lalu-lintas data di dalamnya
  17. Local Area Network (LAN)   :   komputer yang terhubung berada pada tempat yang berdekatan secara gografis (misalkan satu gedung).
  18. Network Interface Card (NIC)   :    adalah expansion board yang digunakan supaya komputer dapat dihubungkan dengan jaringan. Sebagian besar NIC dirancang untuk jaringan, protokol, dan media tertentu. NIC biasa disebut dengan LAN card (Local Area Network Card).
  19. Bridge   :   adalah peranti yang meneruskan lalu lintas antara segmen jaringan berdasar informasi pada lapisan data link. Segmen ini mempunyai alamat lapisan jaringan yang sama. Setiap jaringan seharusnya hanya mempunyai sebuah bridge utama.
  20. Host    :   Host adalah sistem komputer yang diakses oleh pengguna yang bekerja pada lokasi yang jauh. Biasanya, istilah ini digunakan jika ada dua sistem komputer yang terhubung dengan modem dan saluran telepon. Sistem mengandung data yang disebut host, sedang sitem yang digunakan untuk mengases dari jarak jauh disebut remote terminal. Istilah host juga digunakan untuk menyebut komputer yang terhubung dengan jaringan TCP/IP, termasuk Internet. Setiap host mempunyai alamat IP yang unik. Selain itu, istilah host juga merujuk pada penyediaan infrastruktur layanan komputer. Sebagai contoh, banyak perusahaan yang menjadi host Web server, yang berarti bahwa perusahaan tersebut menyediakan hardware, software, dan saluran komunikasi yang dibutuhkan oleh server, tetapi isi server (data) dikendalikan oleh pihak lain. ISP (Internet Service Provider) : ISP (Internet service provider) adalah penyedia layanan Internet. Sebagian besar ISP mempunyai jaringan server (mail, berita, Web), router, modem yang dihubungkan dengan koneksi “backbone” Internet yang permanen dan berkecepatan tinggi. Pelanggan ISP dapat mendapatkan koneksi Internet dengan modem dan telepon. Untuk mengakses Internet pelanggan ISP harus melakukan dial ke jaringan dengan menekan nomor telepon tertentu milik ISP.

0 komentar: